Selasa, 04 Mei 2010

FENOMENA SENI ISLAM

Sayup terdengar nada menyentuh kalbu,dalam heningnya suasana malam kurenung syair dan madah yang berkumandang dari berbagai koleksi lagu2 irama padang pasir kesayanganku.Kuputar lagu tersebut satu persatu.Betapa terharunya aku meresapi makna yang terkandung dibalik lagu2 tersebut.Terutamanya ketika aku menghayati beberapa koleksi buah karya Haji Ahmad Baqi pimpinan orkes EL.SURAYYA MEDAN.



Walaupun kegemilangan EL SURAYYA hanya tinggal kenangan,namun bagiku sosok AhmadBaqi cukup berjasa.Sebab perjuangan beliau dalam memartabatkan seni islam dipersada NUSANTARA telah mengukir kisah yang begitu membanggakan.Banyak buah karya beliau yang menjadi modal dalam perkembangan seni islam diperingkat NUSANTARA. Bukan hanya di Indonesia, bahkan nama EL SURAYYA pimpinan Ahmad Baqi itu juga turut dikenali di Malaysia,Singapura,Brunai Darussalam. Pernah juga suatu ketika dahulu perwakilan Mesir menghadiahkan sebuah alat music bernama 'Ghanuun' kepada Ahmad Baqi sebagai cendera hati diatas prestasi beliau yang begitu membanggakan dalam perjuangan memartabatkan seni islam dipersada NUSANTARA.

Bagi pecinta seni islam nama Ahmad Baqi tentunya tidak asing lagi. Biarpun sedekad kepergiannya meninggalkan kita kembali kepada sang illahi namun buah karyanya sehingga kini masih dapat kita nikmati.Bahkan ada juga beberapa penggiat seni,artis ternama,dan rumah produksi masih merekamkan kembali hasil karya beliau.Sebagai pengamat seni islam,turut saya lampirkan 10 buah lagu ciptaan beliau yang paling saya sukai,dan mungkin anda juga mengetahuinya,diantaranya:

1.SELIMUT PUTIH
2.MADAH TERAKHIR
3.PUSARA KASIH
4.CITA-CITA
5.SEBUAH NAMA
6.HAWA DAN NAFSU
7.HARTA DUNIA
8.MENCARI BAHAGIA
9.PETUAH GURU
10.BISIKAN DUNIA

Jika ditinjau melalui syair ciptaan Ahmad baqi, bagiku beliau sesuai jika digelar profesor seni islam se Asia. Bukan nak berlebih-lebih,tapi jika dilihat melalui sastra dibalik karya beliau bagiku sangat memiliki nilai kata yang cukup tinggi. Sebagai contoh:

HIDUP INI HANYA SEKEJAP
JARANG YANG LEBIH SERIBU BULAN
JANGAN BIARKAN NAMAMU LENYAP
DITELAN MASA TANPA SEBUTAN
( lagu "Sebuah Nama" )

Disini saya juga mengucapkan terima kasih kepada penggiat seni islam seNUSANTARA,perjuangan mengembangkan lagu-lagu yang berteraskan dakwah merupakan tanggung jawab kita bersama.Maka ianya memerlukan kerjasama oleh berbagai pihak.Jangan biarkan lagu-lagu yang bernuansakan islam ini hilang ditelan zaman.Dan disini saya juga berpesan agar kiranya bagi anda yang ingin mencontohi perjuangan sang Ahmad Baqi hendaknya menguasai TARANUM,sebab dalam berbagai buah karya ciptaan beliau saya melihat lebih menituk beratkan hawa lagu yang berunsurkan TARANUM.

SELAMAT JALAN WAHAI AHMAD BAQI...
NAMAMU KAN TERUKIR DILUBUK SANUBARI

1 komentar: